Olahraga di Bulan Puasa

Olahraga di Bulan Puasa

Olahraga di Bulan Puasa, Siapa Takut?

Puasa bukan halangan untuk tetap berolahraga. Buktinya, sebagian besar orang masih tetap berolahraga meski sedang menjalankan ibadah puasa.

Berolahraga di bulan puasa biasanya dilakukan pada sore hari menjelang waktu berbuka. Nah, untuk membantu Anda menjaga rutinitas berolahraga selama bulan puasa, berikut 5 tip terbaik yang bisa Anda coba.

Sahur Mendekati Imsak

Selain dianjurkan dalam ajaran agama, sahur mendekati waktu imsak juga berguna memperpendek masa kekosongan perut. Pilihlah menu sahur yang sehat dengan tetap mengonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi protein. Cara ini akan membuat Anda kenyang lebih lama dan menjaga tingkat energi Anda sepanjang hari saat beraktivitas.

Berolahraga Menjelang Berbuka


Untuk mencegah dehidrasi, jangan memilih waktu berolahraga di pagi atau siang hari. Pilihlah waktu di sore hari sebelum berbuka. Awali dengan 20 menit menjelang berbuka, kemudian tambahkan 30 menit di hari berikutnya dan seterusnya secara bertahap. Sehingga saat tubuh memerlukan tambahan nutrisi, Anda bisa mengisinya langsung saat berbuka.

Jangan Lupa Pemanasan Dan Pendinginan

Melakukan pemanasan dan pendinginan bisa membantu mengurangi cedera, apalagi dalam kondisi tubuh berpuasa. Mulailah dari alat atau gerakan-gerakan yang ringan kemudian naikkan bebannya secara bertahap.

Istirahat Cukup di Malam Sebelumnya

Berolahraga di bulan puasa akan menguras banyak energi. Agar tetap fit dan tidak lemas saat berolahraga, Anda harus mendapatkan istirahat cukup di malam hari. Memperbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan akan membantu stamina Anda tetap terjaga, terutama saat berolahraga.

Jangan Menunda Waktu Berbuka

Bila sudah masuk waktu berbuka, jangan menunda untuk berbuka. Segera minum dan makan secukupnya dengan asupan makanan yang bergizi untuk mengganti energi tubuh yang hilang saat berolahraga. Makanan tinggi protein sangat dianjurkan untuk mencegah penyusutan otot dan mempercepat pemulihan setelah berolahraga.

Well, masih takut berolahraga di bulan puasa? (dan)

Penulis: DuniaFitnes.com
sumber : http://duniafitnes.com/training/olahraga-di-bulan-puasa-siapa-takut.html, akses tgl 11/07/2013.



Bagaimana Kiat Berolahraga di Bulan Puasa?


Menjalankan puasa bukan berarti berhenti berolahraga. Yang perlu diperhatikan yaitu pengaturan waktu dan jenis olahraga dengan benar.

Aktivitas fisik saat berpuasa tetap dibutuhkan untuk menjaga metabolisme tubuh tetap tinggi, mencegah tubuh tidak mudah capek, merangsang agar otot-otot tubuh tetap digunakan, dan membantu mencegah de-training yang sangat cepat menyebabkan katabolik (penyusutan otot).

Olahraga ringan juga akan membantu menahan lapar karena dengan terus aktif maka sistem adrenergik bertahan tinggi sehingga menekan produksi asam lambung.

Berikut beberapa kiat yang harus diperhatikan dalam melakukan olahraga saat berpuasa :

•    Mungkin kemampuan tubuh tidak sekuat biasanya ketika tidak berpuasa, tetapi jangan menggunakan momen puasa sebagai alasan untuk menurunkan intensitas latihan Anda. Lakukan saja latihan semaksimal yang Anda mampu.

•    Lebih disarankan latihan fitnes untuk menjaga (maintenance) massa otot selama berpuasa daripada untuk muscle building atau fat loss karena akan kurang optimal. Disarankan latihan angkat beban cukup 30-40 menit untuk maintenance massa otot.

•    Latihan angkat beban disarankan minimal 3 jam setelah makan besar untuk memberi waktu transit makanan di lambung. Jadi berangkatlah ke gym setelah pulang tarawih, atau berolahraga di rumah bagi yang memiliki peralatan sendiri.

•    Lakukan latihan ringan beberapa saat sebelum berbuka puasa dan disusul latihan angkat beban pada malam hari sesudah tarawih. Latihan ringan sebelum berbuka akan membakar lebih banyak cadangan lemak tubuh. Disarankan untuk latihan fitnes 3 kali dalam seminggu dan beri waktu off latihan bagi tubuh untuk beristirahat 1-3 hari dalam seminggu.

•    Setengah jam sebelum berbuka, lakukan latihan kardio berintensitas ringan-sedang (2 denyut nadi per detik) selama 20 menit terakhir sebelum berbuka (5 menit pertama pemanasan). Jangan takut kehabisan energi, karena selama kita masih punya lemak yang harus dibakar, maka kita tidak akan pernah kehabisan energi. Tentukan speed dan tantangan yang masih cukup nyaman dilakukan. Berhati-hatilah menggunakan speed dan tantangan yang terlalu tinggi.

•    Sesudah tarawih, latihan beban selama 30-40 menit. Sesuaikan beban angkatan dengan kemampuan fisik. Untuk pemanasan, lakukan 15 repetisi beban yang lebih ringan. Untuk latihan inti, lakukan dengan beban terberat yang bisa dicapai maksimal 8-12 repetisi. Beban yang diangkat mungkin ada sedikit turun, dan ini bukanlah suatu masalah.

•    Jika sudah terlalu malam dan tidak sempat ke gym, Anda bisa latihan sendiri di rumah dengan beban tubuh sendiri seperti Split squat, Supported crunchh, Back extension, Close-grip push-up, Parallel bar dip serta latihan-latihan abdominal seperti Curl-up, Scissor kick, Side jackknife, dan lain-lain.

So sporty people, jangan jadikan puasa sebagai penghalang Anda berolahraga ya? (aan)

Penulis: DuniaFitnes.com
sumber : http://duniafitnes.com/training/bagaimana-kiat-berolahraga-di-bulan-puasa.html, akses tgl 11/07/2013.
Share this article :

2 komentar

Salam kenal ya... Info menarik nih.. Nanya boleh kan,,...
Lalu, ada tips ga supaya olahraga yang kita rutinkan tidak menyebabkan dehidrasi? Dan, ad g info mengenai toko yang menjual baju senam online yang bagus untuk olahraga tersebut...
-Thanks-

- yang jelas, kecukupan air saat berbuka harus dimaksimalkan (bagi org yg melakukan kegiatan biasa di daerah tropis sekitar 8 gelas/hari).
- olahraga hendaknya dilakukan saat menjelang berbuka puasa (sambil menunggu beduk maghrib), atau di kala malam.
- ketika cuaca panas, olahraga hendaknya dilakukan di tempat yg teduh.
- sesuaikan kondisi dengan keadaan, jgn memaksa diri. manakala olahraga dilakukan sebelum berbuka, upayakan jgn melakukan olahraga terlalu berat.
- soal baju senam online, maaf, saya tidak tahu info tersebut.
- semoga bermanfaat.....