Polusi Udara, Masalah Pelik Negara-negara Asia

Jamban Panyileukan, Jakarta - Polusi udara telah menjadi kutukan bagi jutaan penduduk di kota-kota negara Asia. Polusi menimbulkan berbagai risiko kesehatan pada anak-anak, orang lanjut usia, ibu hamil, serta penderita gangguan jantung dan pernapasan.

"Tingkat polusi di beberapa bagian di Cina, India, dan tempat lain di Asia memiliki dampak kesehatan yang serius,” kata Bob O'Keefe, peneliti dari Health Effects Institute (HEI), Amerika Serikat, seperti dikutip Channel News Asia, Jumat, 21 Juni 2013. “Ini adalah ancaman yang benar-benar di luar perkiraan.”

Minggu ini, Singapura bergulat dengan rekor polusi udara yang dilepaskan oleh kebakaran lahan di negara tetangganya, Indonesia. Sementara itu, pada bulan Januari lalu, polusi di Beijing juga meningkat dan lonjakan pasien di rumah sakit naik sebesar 20 persen. Pada Agustus 2012, Hong Kong juga mencapai polusi terparahnya. Hal ini memaksa warga Hong Kong untuk tetap tinggal di dalam rumah.

Berdasarkan analisis HEI, diperkirakan 3,2 juta orang di seluruh dunia meninggal karena prematur akibat polusi udara pada tahun 2010. Cina dan India bersama-sama menyumbang sekitar 2,5 juta kematian ini. Dalam 20 tahun terakhir, korban tewas di Cina telah meningkat 3 kali lipat karena polusi udara.

CHANNEL NEWS ASIA | ANINGTIAS JATMIKA
sumber : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/21/118490136/Polusi-Udara-Masalah-Pelik-Negara-negara-Asia, akses tgl 23/06/2013.

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © 2013. Jamban Panyileukan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template