Jangan Buang Dulu Ampas Kopi Anda, Kenapa?

(1)

Jamban Panyileukan, Anda penikmat setia kopi? Aromanya yang khas, warnanya yang pekat dan segudang manfaatnya memang membuat kopi disukai banyak orang. Setelah meminum kopi Anda sebaiknya jangan terburu-buru untuk membuang ampasnya. Karena, ampas seduhannya tetap bisa dimanfaatkan. Yuk, intip apa saja manfaat ampas si hitam beraroma segar ini.

1. Menghilangkan Bau Amis

Tangan yang amis setelah makan ikan ataupun makanan beraroma menyengat terkadang susah hilang. Gunakan ampas kopi untuk menghilangkan aroma amis tersebut. Caranya, gosok-gosoklah tangan menggunakan ampas kopi. Kemudian cuci menggunakan sabun dan bilas hingga bersih.

2. Mengharumkan Kulkas

Letakkan ampas kopi dalam kantong kain untuk mencegah aroma tidak sedap dalam lemari es. Anda juga dapat menggunakan kantong bubuk kopi dalam mobil Anda jika muncul aroma tak sedap.

3. Menghilangkan Aroma Tak Sedap Pada Sepatu

Sepatu tertutup yang setiap hari digunakan juga dapat menimbulkan bau tak sedap. Untuk mengurangi bau tersebut, masukkan ampas kopi kering dalam kantong kain, kemudian letakkan pada bagian dalam sepatu saat tidak digunakan. Gantilah kantong bubuk kopi ini setiap tiga hari sekali. Jangan lupa juga mengganti kaus kaki setiap hari dan gunakan saat kaki dalam kondisi kering. Usahakan menggunakan sepatu secara bergantian karena sepatu juga butuh istirahat.

Reporter : Niken Paramita Wulansari
Redaktur : Dewi Mardiani

Sumber : 

- loveindonesia.com
- http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/13/02/23/minc02-jangan-buang-dulu-ampas-kopi-anda-kenapa-1, akses tgl 09/03/2013.


(2-Habis)


REPUBLIKA.CO.ID, Minuman kopi memiliki aroma harum yang nikmat. Bagi anda yang suka dengan minuman kopi, sebaiknya ampasnya jangan dibuang. Ada manfaat dari ampas yang bisa anda intip di sini.

4. Pembasmi Lalat

Lalat membenci aroma kopi yang terbakar. Untuk menyiasati makanan agar terhindar dari lalat, letakkan ampas kopi dalam piring dan nyalakan lilin atau tungku kecil di dekatnya. Api yang berasal dari lilin atau tungku tersebut dapat membantu menajamkan aroma kopi.

5. Pupuk

Manfaatkan ampas kopi sebagai pupuk tanaman sekaligus menghindarkan serangan hama pada tanaman. Campurkan ampas kopi dengan tanah untuk membantu agartanaman terlindungi dari hama dan dapat tumbuh dengan lebih cepat dan baik.

6. Pembasmi Hama Tanaman

Seduh lagi ampas kopi menggunakan air panas, lalu diamkan hingga dingin. Siramkan campuran ampas dan air seduhannya ke tanaman, agar terhindar dari hama. Lakukan secara teratur.

7. Mengusir Semut dan Siput

Selain serangga dan hama tanaman, semut serta siput juga merusak tanaman bunga Anda. Gunakan ampas kopi untuk mengusirnya. Tebarkan ampas kopi si rute jalan semut dan siput secara acak, agar tidak kembali lagi merusak tanaman.

8. Mengharumkan Ruangan

Tempatkan ampas kopi basah pada dasar asbak agar abu sisa rokok tidak bertebangan dalam ruangan, sekaligus menyerap aroma tak sedap asap rokok yang tertinggal.

9. Membersihkan Kerak Panci

Gunakan ampas kopi untuk membersihkan kerak panci. Caranya gosokkan ampas kopi di bagian panci dan wajan yang berkerak. Kemudian cuci menggunakan sabun cuci piring dan bilas hingga bersih.

Reporter : Niken Paramita Wulansari
Redaktur : Dewi Mardiani

Sumber : 

- loveindonesia.com
- http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/13/02/23/minc8r-jangan-buang-dulu-ampas-kopi-anda-kenapa-2habis, akses tgl 09/03/2013.

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Jamban Panyileukan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger