Kunyit, Makanan Super Pelawan Kanker dan Diabetes!

Jamban Panyileukan - Kunyit, sebagai salah satu bumbu masakan penting, ternyata memiliki manfaat kesehatan yang besar dan bersifat obat sehingga bisa melawan penyakit seperti kanker, diabetes dan peradangan.

Kurkumin, senyawa fenol yang bertanggung jawab atas warna kuning pada kunyit, diteliti mempunyai manfaat kesehatan yang banyak, selain membuat masakan sedap dan berwarna. Penelitian tersebut dilakukan oleh Saraswati Sukumar dari Johns Hopkins Medicine, AS, bersama dengan rekannya Anirban Maitra.

“Kunyit sudah digunakan secara luas di masakan India selama ribuan tahun. Dalam dua dekade terakhir, ratusan penelitian telah membuktikan bahwa kurkumin membantu melawan peradangan rematik, mengurangi risiko kanker, dan memperlambat diabetes,” kata Sukumar.

Kurkumin merupakan pencegah potensial untuk peradangan, rheumatoid arthritis (rematik), dan memperlambat pertumbuhan kanker. Senyawa tersebut menghambat molekul NF-kB yang merupakan salah satu penyebab utama munculnya peradangan.


“Kurkumin bertindak sebagai penghalang jalur peradangan. Itulah alasan kenapa senyawa tersebut mampu memediasi efeknya,” ujar Sukumar.

Mengonsumsi kurkumin juga terbukti bisa memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh terapi radiasi untuk kanker.

Maitra, kolega Sukumar, juga sudah memulai percobaan bentuk kurkumin yang larut dalam air dan dapat dikonsumsi dalam bentuk pil sejak beberapa tahun lalu. Sayangnya, formulasi ini masih dalam tahap percobaan.

Tubuh tidak mudah menyerap kurkumin, sehingga seseorang harus mengonsumsi beberapa gram kurkumin secara berkala dalam sehari untuk mendapatkan manfaat kesehatannya. Sejauh ini, pil yang mengandung kurkumin juga sudah ada di pasaran.

“Atau cara lain yang lebih baik, adalah dengan menambahkan (kunyit) pada setiap jenis masakan yang Anda masak,” saran Sukumar. “Rempah-rempah ini tidak menambah terlalu banyak rasa pada makanan, tetapi bisa menambah warna,” katanya.


Untuk mendapatkan manfaat penuh, cobalah larutkan kunyit dalam minyak hangat dan menambahkannya dalam makanan.

Sekitar 26 juta orang diperkirakan didiagnosis menderita diabetes. Sukumar mengatakan, kurkumin juga bermanfaat besar dalam memerangi penyakit metabolik, termasuk diabetes. (jay)

Penulis: DuniaFitnes.com
sumber : http://duniafitnes.com/news/kunyit-makanan-super-pelawan-kanker-dan-diabetes.html, akses tgl 28/01/2013.

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © 2013. Jamban Panyileukan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template